Pages

Thursday, February 28, 2019

Kecerdasan Buatan Bikin Iklan Jadi Lebih Tepat Sasaran

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini bisa membuat segala hal lebih mudah, termasuk bisnis marketing dan periklanan.

Lewat bantuan kecerdasan buatan pula, pengiklan maupun brand bisa membuat iklan yang lebih mampu menyasar target pasarnya dengan jitu.

Diungkapkan oleh Program Director Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia, Azalea Aina, teknologi kecerdasan membuat bisnis marketing dan periklanan jadi lebih efisien dan efektif, artinya iklan bisa ditargetkan sesuai dengan audiens yang ingin dicapainya.

"Advertisers selalu mengincar dua hal, yakni efektif dan efisien, artinya iklan bisa menjangkau sasaran dan murah. Nah dengan AI itu akan sangat terbantu. Misalnya karena AI bisa mengenal audiensnya, iklan yang saya lihat bisa berbeda dengan yang kamu lihat karena AI membuat iklan benar-benar sesuai dengan saya," tutur Azalea saat ditemui di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Menurut Azalea, di sanalah fungsi AI membantu iklan lebih tepat sasaran dan secara kreativitas, tampilan iklan pun lebih relevan untuk penggunanya.

2 dari 3 halaman

Penggunaan AI di Indonesia

Ternyata, selain pekerja seks komersial, robot dengan kecerdasan buatan juga mulai mengambil peran sebagai ahli hukum. (Sumber techinsider.io)

Sayangnya, menurut Azalea, di Indonesia penggunaan AI untuk membuat iklan tertarget yang dipersonalisasi sesuai selera audiens masih sangat kecil persentasenya.

"Masih sangat kecil yang memakai AI, sekarang masih sangat konvensional," ucap dia.

Azalea membandingkan penggunaan AI untuk iklan di luar negeri sudah lebih luas. Misalnya, iklan bisa digunakan untuk menentukan video atau display iklan di sebuah media online.

Selain itu, perencanaan di media mana iklan akan dipasang itu juga bisa dilakukan dengan bantuan kecerdasan buatan.

"Kalau dulu, saya misalnya sebagai media planner harus menentukan, mau pasang iklan di media ini atau itu. Tapi dengan AI, semua sudah ada di sistem, mesin yang menetukan media mana yang paling banyak audiensnya, performance-nya paling bagus, reach-nya paling besar, paling murah, paling banyak diklik, itu sudah terekam datanya di mesin," katanya.

3 dari 3 halaman

AI Semakin Populer

Ilustrasi Kecerdasan Buatan, Robot

Azalea mengucapkan, di Indonesia baru beberapa brand atau marketing yang menggunakan AI dan lebih banyak brand yang melakukan dengan cara konvensional.

Namun demikian, ke depannya tren marketing dan periklanan memang akan mulai bergeser ke teknologi AI.

"Kalau di luar sekarang salah satu topik yang dibahas adalah machine learning, karena optimasi teknologi itu dampaknya luas, termasuk industri marketing dan advertising," tutur Azalea.

Meski begitu, Azalea tak menampik jika menerapkan teknologi kecerdasan buatan, investasi di awalnya akan lebih mahal.

"Tentunya akan ada investasi besar di awal, tetapi secara jangka panjang jatuhnya lebih efisien dan sustainable. Semuanya kan kalau kita lihat sudah tergantikan dengan otomatisasi, misalnya gerbang tol, itu lebih mahal ketimbang hire orang tetapi jatuhnya lebih mahal. Jadi memang lebih banyak investasi di awal tetapi ke depannya lebih efisien," ucap dia.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2BVtGYM

1 comment:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete